Cara SS Di Komputer Windows Dan MAC

Bebasinfo.id, bagaimana cara SS di Komputer Windows dan MAC? Screenshots atau yang sering disebut sebagai SS adalah salah satu cara efektif untuk merekam tampilan layar komputer. Baik kamu ingin berbagi pesan error yang muncul di layar, menunjukkan bagaimana mengoperasikan suatu program, atau sekadar ingin menyimpan momen penting, mengambil screenshot dapat menjadi solusi yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil screenshot di komputer dengan mudah dan cepat.

Menggunakan Tombol Print Screen

Metode yang paling umum digunakan untuk mengambil screenshot di komputer adalah dengan menggunakan tombol Print Screen (PrtScn) di keyboard. Setiap keyboard biasanya memiliki tombol ini, meskipun letaknya bisa berbeda-beda tergantung model keyboard.

Cara Menggunakan Tombol Print Screen

Untuk menggunakan tombol Print Screen, cukup tekan tombol tersebut pada keyboard saat kamu ingin mengambil screenshot. Setelah itu, kamu dapat membuka aplikasi pengolah gambar seperti Paint dan melakukan paste (Ctrl + V) untuk menyimpan screenshot yang telah diambil. Selanjutnya, kamu dapat menyimpannya dalam format file yang diinginkan seperti JPEG atau PNG.

Cara Menggunakan Tombol Alt + Print Screen

Jika kamu hanya ingin mengambil screenshot dari jendela aktif yang sedang terbuka, kamu dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen. Dengan cara ini, kamu hanya akan mengambil screenshot dari jendela yang sedang fokus, bukan seluruh tampilan layar.

Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang dapat membantu kamu mengambil screenshot dengan lebih fleksibel dan memungkinkan untuk melakukan seleksi area tertentu pada layar. Kamu dapat mencari Snipping Tool melalui menu Start atau menggunakan kotak pencarian di taskbar.

Cara Menggunakan Snipping Tool

Setelah membuka Snipping Tool, kamu akan melihat beberapa opsi seperti New, Mode, dan Delay. Klik New untuk memulai mengambil screenshot. Kemudian, pilih mode yang sesuai dengan kebutuhanmu, seperti Free-form Snip untuk membuat seleksi bebas, Rectangular Snip untuk membuat seleksi berbentuk persegi atau persegi panjang, Window Snip untuk membuat seleksi jendela aktif, atau Full-screen Snip untuk mengambil screenshot seluruh layar. Setelah kamu membuat seleksi, screenshot akan muncul dalam jendela Snipping Tool. Kamu dapat menyimpannya dengan mengklik tombol Save atau melakukan proses pengeditan terlebih dahulu sebelum menyimpannya.

Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Jika kamu menggunakan Windows 10, terdapat fitur praktis yang memungkinkan kamu untuk secara otomatis menyimpan screenshot yang diambil ke dalam folder Screenshots. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan.

Cara Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Setelah menekan tombol Windows + Print Screen, layar komputer akan sedikit berkedip, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil dan disimpan ke dalam folder Screenshots. Untuk membuka folder Screenshots, kamu dapat menggunakan File Explorer dan navigasi ke folder Pictures. Di dalam folder Pictures, kamu akan menemukan folder Screenshots yang berisi semua screenshot yang telah kamu ambil.

Cara SS Di Komputer Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain metode bawaan di atas, terdapat juga berbagai aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu mengambil screenshot dengan lebih banyak fitur dan fleksibilitas. Beberapa aplikasi populer seperti Lightshot, Greenshot, dan ShareX dapat menjadi pilihan yang baik.

Menggunakan Lightshot

Lightshot adalah salah satu aplikasi screenshot pihak ketiga yang ringan dan mudah digunakan. Setelah menginstal Lightshot, kamu dapat menggunakan shortcut keyboard (biasanya PrtScn) atau mengklik ikon Lightshot di tray sistem untuk memulai proses pengambilan screenshot. Setelah mengambil screenshot, Lightshot akan membuka jendela editor gambar yang memungkinkan kamu untuk melakukan anotasi, seperti menambahkan teks, panah, atau garis. Selain itu, Lightshot juga memungkinkan kamu untuk mengunggah screenshot langsung ke server mereka dan membagikan linknya kepada orang lain.

Menggunakan Greenshot

Greenshot adalah aplikasi screenshot lainnya yang populer dan dapat digunakan secara gratis. Setelah menginstal Greenshot, kamu dapat menggunakan shortcut keyboard (biasanya PrtScn) atau mengklik ikon Greenshot di tray sistem untuk memulai proses pengambilan screenshot. Greenshot juga memiliki fitur editor gambar yang memungkinkan kamu untuk melakukan anotasi seperti menambahkan teks, panah, atau kotak. Selain itu, Greenshot mendukung fitur berbagi langsung ke platform seperti email atau media sosial.

Menggunakan ShareX

ShareX adalah aplikasi screenshot yang sangat lengkap dan menyediakan banyak fitur yang berguna. Selain mengambil screenshot, ShareX juga mendukung perekaman layar, pengeditan gambar, dan berbagi file. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot dengan berbagai mode, seperti fullscreen, jendela aktif, atau seleksi area. Setelah mengambil screenshot, ShareX membuka jendela editor gambar yang memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai anotasi dan pengeditan. ShareX juga memiliki fitur pengunggahan langsung ke berbagai layanan cloud dan platform media sosial.

Mengambil Screenshot pada Mac

Pengguna Mac juga dapat dengan mudah mengambil screenshot di komputer mereka. Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan, seperti Command + Shift + 3 untuk mengambil screenshot seluruh layar atau Command + Shift + 4 untuk seleksi area tertentu.

Cara Mengambil Screenshot Seluruh Layar pada Mac

Untuk mengambil screenshot seluruh layar pada Mac, cukup tekan tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan. Setelah itu, screenshot akan secara otomatis disimpan sebagai file gambar di desktop.

Cara Mengambil Screenshot dengan Seleksi Area pada Mac

Jika kamu ingin mengambil screenshot dengan seleksi area tertentu, kamu dapat menggunakan kombinasi tombol Command + Shift + 4. Setelah menekan kombinasi tombol tersebut, kursor akan berubah menjadi salib. Kamu dapat menyeret salib untuk membuat seleksi area yang diinginkan. Setelah selesai, screenshot akan secara otomatis disimpan sebagai file gambar di desktop.

Mengedit Screenshot

Setelah mengambil screenshot, kamu mungkin perlu melakukan sedikit pengeditan sebelum membagikannya. Windows memiliki aplikasi Paint bawaan yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pengeditan sederhana seperti memotong gambar, menambahkan teks, dan menggambar garis.

Menggunakan Aplikasi Paint di Windows

Setelah mengambil screenshot, buka aplikasi Paint dengan cara mengetik Paint pada kotak pencarian di taskbar atau melalui menu Start. Setelah Paint terbuka, kamu dapat melakukan paste (Ctrl + V) untuk memasukkan screenshot yang telah diambil. Kemudian, kamu dapat menggunakan berbagai alat yang tersedia di Paint, seperti Crop untuk memotong gambar, Text untuk menambahkan teks, atau Line untuk menggambar garis. Setelah selesai mengedit, kamu dapat menyimpan hasil pengeditan dengan menggunakan menu Save atau Save As.

Menyimpan Screenshot

Setelah mengambil dan mengedit screenshot, langkah terakhir adalah menyimpannya. Kamu dapat memilih format file yang sesuai seperti JPEG atau PNG dan menentukan lokasi penyimpanan yang diinginkan.

Memilih Format File dan Lokasi Penyimpanan

Setelah melakukan pengeditan, kamu dapat menyimpan screenshot dalam format file yang diinginkan. Umumnya, format file yang banyak digunakan adalah JPEG dan PNG. JPEG biasanya digunakan untuk gambar dengan banyak warna dan untuk mengompres file, sedangkan PNG digunakan untuk gambar dengan latar belakang transparan atau detail yang lebih baik. Setelah memilih format file, kamu dapat menentukan lokasi penyimpanan yang diinginkan, seperti folder Pictures atau folder yang telah kamu tentukan sebelumnya.

Membagikan Screenshot

Setelah semua proses di atas selesai, kamu sudah siap untuk membagikan screenshot yang sudah kamu ambil. Kamu bisa mengunggahnya ke platform media sosial, mengirimkannya melalui email, atau menyimpannya di cloud storage untuk memudahkan akses di lain waktu.

Mengunggah Screenshot ke Media Sosial

Jika kamu ingin membagikan screenshot melalui media sosial, kamu dapat mengunggahnya langsung dari aplikasi media sosial yang kamu gunakan, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Biasanya, terdapat tombol atau ikon yang memungkinkan kamu untuk mengunggah gambar. Pilih screenshot yang ingin kamu bagikan, tambahkan keterangan atau tagar jika diperlukan, dan klik tombol untuk mengunggah gambar.

Mengirim Screenshot melalui Email

Jika kamu ingin mengirim screenshot melalui email, buka aplikasi email yang kamu gunakan dan buat pesan baru. Pada bagian lampiran atau attachment, pilih screenshot yang ingin kamu kirim. Tulis subjek dan isi pesan yang sesuai, masukkan alamat email penerima, dan klik tombol untuk mengirim pesan.

Menyimpan Screenshot di Cloud Storage

Jika kamu ingin menyimpan screenshot di cloud storage agar dapat diakses dari perangkat lain, kamu dapat menggunakan layanan seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Setelah mengambil screenshot, buka aplikasi cloud storage yang kamu gunakan, pilih folder yang diinginkan, dan unggah screenshot ke dalam folder tersebut. Setelah diunggah, kamu dapat mengakses screenshot dari perangkat lain dengan masuk ke akun cloud storage yang kamu gunakan.

Tips dan Trik Tambahan

Terakhir, berikut adalah beberapa tips dan trik tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman kamu dalam mengambil screenshot di komputer:

Gunakan Shortcut Keyboard

Shortcut keyboard dapat menghemat waktu dan mempercepat proses pengambilan screenshot. Misalnya, di Windows, kamu dapat menggunakan kombinasi tombol Win + PrtScn untuk langsung mengambil screenshot dan menyimpannya ke dalam folder Screenshots. Cari tahu shortcut keyboard yang tersedia di sistem operasi komputermu dan manfaatkanlah untuk meningkatkan efisiensi.

Tambahkan Tanda Panah atau Lingkaran

Jika kamu mengambil screenshot untuk keperluan tutorial atau panduan, tambahkan tanda panah atau lingkaran pada gambar untuk menyoroti area yang penting. Dengan menambahkan tanda panah atau lingkaran, pengguna yang melihat screenshot akan lebih mudah mengikuti petunjuk yang kamu berikan.

Pertimbangkan Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu sering mengambil screenshot dan membutuhkan fitur yang lebih lengkap, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi seperti Lightshot, Greenshot, dan ShareX menawarkan berbagai fitur tambahan seperti pengeditan gambar, pengunggahan ke cloud, dan kemampuan berbagi yang lebih fleksibel. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu dan eksplorasi fitur-fitur yang ditawarkan.

Penutup

Dalam era digital yang serba visual seperti sekarang, mengambil screenshot di komputer menjadi kegiatan yang umum dilakukan. Dengan mengikuti panduan lengkap di atas, kamu dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan berbagai metode yang disediakan oleh komputer atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Jangan lupa untuk mengedit dan menyimpan screenshot sesuai kebutuhanmu sebelum membagikannya dengan orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Kami berterima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca tulisan ini di BebasInfo.id. Kami berharap bahwa konten yang telah kami sajikan dapat memberikan manfaat yang berarti bagi Anda. Jangan sungkan untuk kembali lagi ke blog kami untuk meraih informasi terbaru yang menarik. Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin memberikan tanggapan, silakan hubungi kami. Salam hangat dari tim BebasInfo.id!

Kami mengucapkan terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel ini di situs kami. Kami berharap Anda menemukan informasi yang berguna dan menarik. Jangan sungkan untuk mengikuti kami untuk mendapatkan update secara cepat. Apabila Anda memerlukan bantuan lebih lanjut atau memiliki pandangan, silakan menghubungi kami. Sampai bertemu lagi di posting-posting berikutnya!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Results Found

The page you requested could not be found. Try refining your search, or use the navigation above to locate the post.

"Technology is best when it brings people together."

Matt Mullenweg – Social media entrepreneur

"The Web as I envisaged it, we have not seen it yet. The future is still so much bigger than the past."

Tim Berners-Lee – Inventor of the World Wide Web

"Once a new technology rolls over you, if you're not part of the steamroller, you're part of the road."

Stewart Brand – Writer

bebasinfo-logo

Kami adalah sumber terdepan untuk informasi terkini dan solusi praktis dalam dunia digital. Temukan berita, tips, dan trik terbaru untuk menjelajahi dan mengoptimalkan kehidupan Anda di era digital.