Cara Memindahkan Kontak WA Ke HP Baru

Apakah Anda telah membeli smartphone baru dan ingin memindahkan akun WhatsApp (WA) Anda ke perangkat yang baru? Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah detail tentang cara memindahkan kontak WA ke HP baru dengan mudah dan cepat. Baiklah, mari kita mulai!

Langkah 1: Backup Data WA di HP Lama

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat salinan cadangan (backup) data WhatsApp di HP lama Anda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua pesan, riwayat obrolan, dan file media yang ada dalam akun WA Anda tetap aman dan terjaga saat Anda memindahkannya ke perangkat baru.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP lama Anda.
  2. Tap ikon tiga titik vertikal di bagian kanan atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  4. Di menu pengaturan, pilih “Chats”.
  5. Pilih opsi “Cadangkan Chats”.
  6. Pilih “Cadangkan ke Google Drive” dan atur frekuensi cadangan sesuai keinginan Anda.
  7. Pilih akun Google yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan cadangan.
  8. Tap opsi “Cadangkan” untuk memulai proses backup.

Selama proses backup, pastikan Anda terhubung ke Wi-Fi agar tidak menggunakan kuota data. Juga, pastikan bahwa akun Google yang Anda pilih memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan cadangan. Proses backup mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran data yang perlu dicadangkan.

Langkah 2: Install WhatsApp di HP Baru

Setelah Anda berhasil membuat salinan cadangan data WhatsApp di HP lama, langkah selanjutnya adalah menginstal aplikasi WhatsApp di perangkat yang baru.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka toko aplikasi di HP baru Anda, seperti Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iPhone.
  2. Cari “WhatsApp” di toko aplikasi dan temukan aplikasi WhatsApp resmi.
  3. Pilih “Pasang” atau “Unduh” untuk mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp.
  4. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi WhatsApp yang baru di perangkat Anda.

Setelah membuka aplikasi WhatsApp yang baru, Anda akan diminta untuk mengizinkan beberapa izin dan memberikan nomor telepon Anda untuk memverifikasi akun. Pastikan nomor telepon yang Anda masukkan adalah nomor yang sama dengan yang digunakan di HP lama Anda.

Langkah 3: Memulihkan Data WA dari Backup

Setelah berhasil menginstal aplikasi WhatsApp di HP baru dan memverifikasi nomor telepon Anda, saatnya untuk memulihkan data WhatsApp dari cadangan yang telah Anda buat sebelumnya.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulihkan data WA dari backup:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang baru di HP baru Anda.
  2. Ikuti petunjuk di layar untuk memverifikasi nomor telepon Anda.
  3. Setelah nomor telepon Anda terverifikasi, WhatsApp akan mendeteksi adanya cadangan yang tersimpan di akun Google Drive Anda.
  4. WhatsApp akan menawarkan untuk memulihkan data dari cadangan tersebut.
  5. Pilih opsi “Pulihkan” dan tunggu proses pemulihan selesai.

Pastikan Anda tetap terhubung ke Wi-Fi dan memiliki koneksi internet yang stabil selama proses pemulihan data. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran data yang perlu dipulihkan. Setelah selesai, Anda akan dapat melihat semua pesan, riwayat obrolan, dan file media yang telah dipulihkan di HP baru Anda.

Langkah 4: Verifikasi Kembali Nomor Telepon

Setelah Anda berhasil memulihkan data WhatsApp dari backup, Anda perlu memverifikasi kembali nomor telepon Anda di HP baru. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa akun WhatsApp Anda benar-benar terhubung dengan nomor telepon yang Anda inginkan.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk memverifikasi nomor telepon Anda di HP baru:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP baru Anda.
  2. Ikuti petunjuk di layar untuk memverifikasi nomor telepon Anda.
  3. Anda akan menerima SMS atau panggilan telepon dengan kode verifikasi dari WhatsApp.
  4. Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam aplikasi WhatsApp.

Setelah nomor telepon Anda berhasil diverifikasi, Anda dapat mulai menggunakan akun WhatsApp Anda di HP baru dengan semua data dan riwayat obrolan yang telah dipulihkan.

Important Note:

Harap diingat bahwa proses memindahkan akun WhatsApp dari HP lama ke HP baru hanya memindahkan data dan riwayat obrolan Anda. Jika Anda ingin memindahkan juga kontak WhatsApp Anda, pastikan Anda telah menyimpan kontak tersebut di dalam kartu SIM atau akun Google Anda. Dalam hal ini, Anda perlu mengimpor kontak tersebut ke HP baru Anda terlebih dahulu sebelum memulai proses pemulihan data WhatsApp.

Kesimpulan

Memindahkan akun WhatsApp ke HP baru sebenarnya tidaklah sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat. Dengan melakukan backup data WhatsApp di HP lama, menginstal WhatsApp di HP baru, memulihkan data dari backup, dan memverifikasi nomor telepon, Anda dapat dengan mudah melanjutkan obrolan dan menggunakan akun WhatsApp Anda di perangkat yang baru tanpa kehilangan data penting.

Jadi, jika Anda baru saja membeli smartphone baru dan ingin memindahkan akun WhatsApp Anda, ikuti langkah-langkah di atas dan nikmati pengalaman menggunakan WhatsApp di HP baru Anda!

Terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca tulisan ini di situs kami. Harapan kami bahwa informasi yang telah kami sajikan memberikan manfaat yang besar bagi Anda. Jangan ragu untuk kembali lagi ke blog kami untuk mendapatkan informasi terbaru yang menarik. Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin berbagi pendapat, silakan hubungi kami. Sampai jumpa di keluarga BebasInfo.id!

Kami mengucapkan terima kasih atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca artikel ini di situs kami. Kami berharap Anda merasakan informasi yang berguna dan menarik. Jangan sungkan untuk mengikuti kami untuk mendapatkan informasi terbaru secara langsung. Apabila Anda memerlukan bantuan lebih lanjut atau memiliki pandangan, silakan menghubungi kami. Sampai bertemu lagi di tulisan-tulisan selanjutnya!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No Results Found

The page you requested could not be found. Try refining your search, or use the navigation above to locate the post.

"Technology is best when it brings people together."

Matt Mullenweg – Social media entrepreneur

"The Web as I envisaged it, we have not seen it yet. The future is still so much bigger than the past."

Tim Berners-Lee – Inventor of the World Wide Web

"Once a new technology rolls over you, if you're not part of the steamroller, you're part of the road."

Stewart Brand – Writer

bebasinfo-logo

Kami adalah sumber terdepan untuk informasi terkini dan solusi praktis dalam dunia digital. Temukan berita, tips, dan trik terbaru untuk menjelajahi dan mengoptimalkan kehidupan Anda di era digital.